Istilah-Istilah Pemrograman Yang Wajib Kamu Tau !

Dalam mempelajari pemrograman selain memerlukan kemampuan logika dan juga latihan terus menerus ada hal dasar yang sering dilupakan oleh kita yang masih pemula dalam belajar pemrograman yaitu istilah atau sebutan yang ada pada dunia pemrograman itu sendiri.

Baca juga : Istilah-istilah pemrogramn yang wajib kamu tau ! (Bagian 2)

Selama saya menjadi asisten lab kampus saya menyadari ternyata banyak teman-teman mahasiswa yang belum mengetahui istilah-istilah dasar dalam pemrograman itu sendiri, contohnya main program yang merupakan program utama dari sebuah aplikasi, nah maka dari itu saya membuat artikel yang dirasa bisa membantu teman-teman untuk mengetahui istilah-istilah dalam pemrograman yang harus diketahui.

Istilah-istilah dasar pemrograman

  1. Ngoding
  2. Pengertian dasar pemrograman yang teman-teman harus tau pertama kali adalah coding atau sering disebut ngoding yaitu kegiatan menerapkan logika manusia yang diubah menjadi syntax bahasa pemrograman untuk membuat sebuah aplikasi, jadi ngoding merupakan kegiatan pembuatan aplikasi dengan bahasa pemrograman tertentu.

  3. Syntax
  4. Diatas sudah disebutkan untuk membuat aplikasi kita harus menggunakan syntax, nah pengertian dari syntax itu sendiri adalah sebuah kalimat atau tata cara penulisan bahasa pemrograman dimana setiap bahasa pemrograman memiliki tata cara penulisan program yang berbeda.

    Saya akan memberikan contoh syntax bahasa pemrograman C++ untuk mencetak tulisan ke layar,

    Contoh :

    cout << "Pengertian-pengertian dasar pemrograman";

    Nah dalam bahasa C++ tata cara penulisan untuk menampilkan program di layar adalah cout <<""; 

  5. Variable
  6. Variabel merupakan hal dasar pemrograman yang wajib banget teman-teman tau, menurut wikipedia variabel adalah pengenal yang dapat terikat ke nilai selama waktu berjalan, dan nilai yang dapat berubah selama program eksekusi.

    Agak bingung ya kalo dari wikipedia, saya sendiri jadi bingung sendiri bacanya, kalo disederhanakan variable dalam pemrograman adalah sebuah nama atau pengenal yang dibuat sesuai dengan kemauan si programmer, jadi teman-teman bebas mau ngasih nama variable ganteng atau apalah terserah teman-teman aja, nah kegunaan variabel adalah untuk menyimpan suatu nilai dari tipe data.

  7. Data type
  8. Data type atau tipe data adalah suatu nilai yang berfungsi untuk mendeklarasikan atau memberikan ciri khas pada suatu variabel, nah untuk lebih jelasnya kamu bisa baca tentang jenis-jenis tipe data disini.

  9. Deklarasi variable
  10. Masih berhubungan dengan poin ke 3 dan 4, deklarasi variable adalah memberikan nilai dan juga ciri khas pada suatu variable.

    Contoh :

    int bilanganBulat;

    Variabel yang bernama bilanganBulat hanya bisa melakukan input dan output bilangan bulat aja karena tipe data int (integer) memiliki ciri khas bilangan bulat.

  11. Inisialisasi Variable
  12. Tadi ada deklarasi sekarang ada inisialisasi variable, nah inisialisasi variable adalah memberikan nilai pasti (konstanta) terhadap suatu variabel

    Contoh :

    int bilanganBulat = 2;

    Variable bernama bilanganBulat yang bertipe data int memiliki nilai 2 yang merupakan nilai yang pasti dimiliki oleh variabel bernama bilanganBulat

  13. IDE
  14. IDE (Integrated Development Environment) adalah sebuah aplikasi yang berisi tools untuk mempermudah programmer dalam membangun program untuk membuat aplikasi, kamu bisa lihat contoh IDE disini

  15. Compile
  16. Compile adalah proses eksekusi program yang sudah ditulis.
Ke-8 istilah pemrograman diatas merupakan istilah-istilah yang teman-teman harus ingat dan pahami agar dapat lebih memahami dan juga memudahkan teman-teman ketika ngobrol seputar pemrograman

Komentar

Postingan Populer