Pengertian dan 3 Level Abstraksi Tipe Data

pengertian 3 level abstraksi tipe data
Dalam Algoritma dan struktur data dikenal dengan 3 level abstraksi tipe data yaitu tingkatan yang digunakan untuk membuat algoritma dan struktur data yang baik dan benar, namun sebelum membahas 3 level abstraksi tipe data saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai apa itu abstraksi tipe data.

Baca Juga : Pengertian Data dan Informasi

Tipe data abstrak (ADT) adalah suatu model matematika dengan sekumpulan operasi-operasi  yang merupakan suatu tipe data dari bahasa pemograman yang memiliki sematik yang sama dan juga memiliki tujuan untuk menyembunyikan informasi (information encapsulation).

3 Level Abstraksi Tipe Data

  1. Level Abstrak
  2. Level ini menspesifikasikan tipe data abstrak dan apa yang dapat dilakukan tipe data abstrak, tipe data abstrak adalah tipe data sebagai hasil dari imajinasi si pembuat.

    contoh : Seseorang ingin membuat sebuah sistem antrian maka dari itu orang tersebut berimajinasi dengan membuat setiap orang mengambil nomor terlebih dahulu.

  3. Level Virtual
  4. Level virtual merupakan implementasi dari cara penerapan tipe data abstrak sehingga semua operasi dapat diekspresikan dengan fungsi-fungsi yang dapat dieksekusi oleh komputer dengan menggunakan bahasa pemograman lalu program yang dibuat tersebut dapat melakukan operasi - operasi seperti yang sudah dibayangkan di level abstrak.

    Tipe data yang berada dalam bahasa pemograman disebut tipe data virtual yang merupakan tipe data yang berada dalam virtual processor.

  5. Level Physical
  6. Level Physical merupakan tahap akhir dari 3 level abstraksi tipe data karena pada level ini dilakukan penerjemahan tipe data abstrak kedalam bahasa pemrograman tertentu. Pada saat program dijalankan, tipe data virtual harus secara fisik diload ke dalam memory/processor dari mesin komputer yang dipergunakan untuk menjalankan program tersebut.

    Baca Juga : 3 Tahapan Arsitektur Basis Data

    Semua data dinyatakan dalam binary digit (bit), berupa angka 0 dan 1, sehingga sangat menyulitkan pemrogram untuk membaca, menulis atau mengubahnya. Hal tersebut diatasi dengan pengggunaan tipe data native yaitu tipe data yang telah disediakan dalam bahasa pemograman, sehingga memudahkan pemrogram dalam berkomunikasi dengan komputer.

    Contoh native data type dalam bahasa C : int, char, long, float.

Komentar

Postingan Populer