Inilah 10 Daftar Pekerjaan Lulusan Ilmu Komputer

Apa yang membuat mu memilih fakultas ilmu komputer sebagai tujuan program studimu di universitas ?

Saya harap kamu bisa menjawab pertanyaan saya dikolom komentar yang ada dibawah karena dengan mengetahui tujuan awal mu memilih suatu fakultas atau jurusan berarti kamu sudah menentukan arah tujuan hidupmu ingin menjadi apa walaupun banyak kasus bahwa fakultas atau jurusan nggak menjamin masa depan mu sesuai dengan fakultas atau jurusan yang kamu pilih.

Sesuai judul artikel ini saya akan memberikan 10 daftar pekerjaan fakultas ilmu komputer yang diharapkan bisa menjadi motivasi untuk kamu yang masih bingung ingin mendalami suatu bidang di dunia ilmu komputer ini.

10 Daftar Pekerjaan Lulusan Fakultas Ilmu Komputer

  1. Programmer
  2. Pekerjaan lulusan fakultas ilmu komputer yang pertama adalah programmer yaitu orang yang kerjaannya menulis kode program untuk membuat sebuah aplikasi atau software, untuk lebih jelasnya bisa kamu baca di pengertian programmer

    Programmer itu kerjanya bisa dimana aja bisa di pertelevisian, industri, perbankan, BUMN, media, perusahaan, dan juga programmer itu bisa jadi seorang entrepreneur karena seorang programmer bisa menciptakan sebuah aplikasi sendiri yang dapat dijadikan ladang uang, tertarik dengan pekerjaan lulusan ilmu komputer yang satu ini ?

    Baca juga : Mitos dan Fakta Programmer

    Tapi untuk menjadi seorang programmer dibutuhkan keahlian dalam penyusunan algoritma karena untuk membuat aplikasi yang baik dibutuhkan algoritma yang tepat dan juga keahlian menyusun program menggunakan bahasa pemograman seperti java, c++, c, c#, VB dan bahasa pemograman lainnya tergantung bidang yang kamu pilih.

  3. Web Master
  4. Web master adalah pekerjaan lulusan ilmu komputer yang berhubungan dengan dunia website dan internet karena web master memiliki pekerjaan untuk membangun sebuah situs web dari bagian tampilan dan bagian belakang (server) maka dari itu web master terbagi menjadi 2 bagian yaitu front-end developer dan back-end developer :

    Back-end adalah team atau individu yang melakukan pembuatan web dibagian back (belakang) yang tidak terlihat oleh pengguna seperti pengaturan database dan server, untuk menjadi back-end developer dibutuhkan keahlian pemograman seperti php, mysql, ruby, framework, html. Front-end adalah team atau individu yang tugasnya itu membuat grafis untuk halaman website sehingga memiliki daya tarik tersendiri, untuk menjadi Web Designer dibutuhkan keahlian dalam HTML, CSS, Javascript, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Flash, Adobe Dream Weaver, Framework, JQuery.

    Untuk lebih jelas mengenai front-end dan back-end developer kamu bisa membaca di artikel pengertian back-end dan front-end developer atau jika kamu ingin mengetahui cara untuk menjadi front-end developer secara lebih rinci kamu bisa membacanya di artikel Cara Menjadi Front-End Developer.

  5. Analis Sistem
  6. System Analyst atau dalam bahasa Indonesianya itu analis sistem kerjaannya menganalisis sistem atau program untuk digunakan pada perusahaan/client yang membutuhkan dan dari analisis tersebut seorang analis sistem dapat menentukan program atau teknologi IT apa yang terbaik bagi perusahaan/client

    Selain keahlian tentang ilmu informatika seorang analis sistem harus memiliki kemampuan dalam bidang bisnis. Seorang analis sistem memiliki gaji yang cukup menggiurkan tapi untuk menjadi seorang analis sistem kamu harus memiliki pengalaman yang cukup di bidang pemograman dan bisnis sebelum menjadi seorang analis sistem.

    Sumber : Menjadi Seorang Analis 

  7. IT Consultant
  8. IT Consultant itu mirip-mirip analis sistem yaitu tugasnya sama-sama merekomendasikan teknologi IT pada perusahaan dan juga merancang proses bisnis daripada melakukan design atau coding.

    Seorang lulusan ilmu komputer dituntut untuk menguasai proses bisnis, menguasai teknologi IT, memiliki kemampuan Interpersonal dan skill writing.

  9. Software Engineer
  10. Pekerjaan Software Engineer adalah mengembangkan perangkat lunak untuk keperluan client, kamu harus membedakan seorang programmer dengan Software Engineer karena seorang programmer adalah orang yang membuat aplikasi atau software sedangkan software engineer adalah orang mengembangkan aplikasi atau software yang dibuat oleh programmer.

    keahlian yang harus dimiliki Software Engineer adalah pengetahuan yang baik mengenai struktur data dan algoritma, saya rasa pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu lulusan ilmu komputer yang suka ngotak ngatik aplikasi

  11. Database Administrator (DBA)
  12. Sesuai nama profesinya database administrator adalah orang yang bekerja sebagai pengatur sebuah sistem database agar terpelihara dengan baik dan juga mengatur keamanan dari database agar tidak mudah dibobol oleh penjahat cyber (hacker).

    Kamu harus menguasai beberapa bahasa pemograman seperti mysql, PHP, SQL dan juga arsitektur mengenai basis data seperti di artikel 3 tahapan arsitektur basis data

  13. Game Developer
  14. Berawal dari kecintaan terhadap suatu game kamu juga bisa membuat game impian mu sendiri dengan dibantu keahlian komputer grafis yang memadai dan pengetahuan teknik informatika mu, seorang lulusan ilmu komputer dapat menjadi seorang Game developer. Di Indonesia lagi di perluin loh game developer

  15. Computer Network
  16. Pekerjaan dari seorang Computer Network adalah untuk merancang arsitektur dan pembangunan jaringan serta melakukan perawatan dan pengelolaan terhadap jaringan yang sudah ada, karena jaringan sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan maka prospek kerja sebagai computer network ini cukup menjanjikan.

  17. IT Security
  18. Pekerjaan seorang IT Security adalah untuk menjaga keamanan informasi yang ada pada komputer atau database dan juga menutup akses yang dapat membahayakan keamanan informasi, biasanya yang kerja jadi IT Security itu orang yang ahli dalam masalah bobol membobol sebuah sistem (hacker) karena lebih memahami celah - celah yang dapat digunakan untuk menyusup kedalam komputer tanpa diketahui jadi mereka juga yang dapat memahami bagaimana caranya untuk menutup celah - celah tersebut.

  19. Software Tester
  20. Daftar pekejaan lulusan ilmu komputer yang terakhir adalah software tester yaitu profesi yang tugasnya melakukan uji coba terhadap sebuah software atau aplikasi dan kemudian memberikan laporan terhadap hasil uji coba tersebut apakah ada bug atau tidak dan juga apakah software yang diuji ini dapat memudahkan pengguna atau tidak.

    Jadi seorang software tester adalah orang yang bertanggung jawab dalam melakukan uji coba kelayakan terhadap suatu software / aplikasi.

Saya rasa sudah cukup penjelasan mengenai 10 daftar pekerjaan lulusan ilmu komputer yang diharapkan dapat menjadi motivasi mu untuk memilih profesi di bidang ilmu komputer yang sesuai dengan minat mu.

Komentar

Postingan Populer