Contoh Program Array C++ 1 Dimensi

Pengertian Array Array adalah sekumpulan variabel dengan tipe data sama yang disimpan secara berututan dalam memory yang ditandai dengan memberikan index pada suatu nama variabel.

Jadi, dalam array kamu bisa memasukkan beberapa nilai dalam 1 tipe data, terdapat 2 jenis array yaitu :

  1. Array 1 dimensi : array yang hanya memiliki 1 kelompok data saja yang dapat diolah 
  2. Array Multidimensi : array yang memiliki lebih dari 1 kelompok data yang dapat diolah 

Pada artikel ini saya hanya akan menjelaskan contoh program array 1 dimensi saja agar lebih terfokus dan untuk array multi dimensi bisa kamu baca di contoh program array C++ 2 dimensi

Syntax Array

tipe_data variabel [jumlah elemen] : {isi array};

Contoh : int arraysatud [3] : {3, 4, 5};  

Penjelasan :

  1. int : tipe data yang kamu inginkan untuk array 
  2. variabel : variabel yang kamu inginkan untuk array mu, seperti contoh diatas saya menggunakan nama arraysatud untuk variabelnya 
  3. [jumlah elemen] : jumlah atau banyaknya array yang kamu inginkan, seperti contoh diatas jumlah array saya adalah 3 yang berarti saya hanya bisa memasukkan 3 nilai ke dalam array saya. 
  4. Selalu gunakan [ ] untuk membuat jumlah elemen array. 
  5. {isi array} : isi array merupakan nilai yang kamu ingin isi ke dalam array mu, seperti contoh diatas saya memasukkan 3 nilai yaitu 3, 4, 5. ohiya selalu gunakan { } untuk mengisi nilai array Program Array 1 Dimensi

Komentar

Postingan Populer